imamsantoso on September 20th, 2010

Assalamu’alaykum sedherek sedaya, kangmas, mbakyu, pakdhe, budhe, pak/bu lik, eyang kakung/putri. Sae ta nggih? Mugi panjenengnan sedaya tansah pinaringan nikmat rahmat lan barokah saking Gusti Allah ingkang maha kuwaos. Tansah kawilujengan tebih saking sambikala tansah kinabektan ing Kabejan (gaya mbah kaum) ngertos boten?? Wah ratau genduri… hhe

Lama kita tidak berjumpa dalam sebuah forum. Lewat tulisan ini ane bermaksud mengumpulkan antum semua dalam satu forum diskusi kecil. Ok sebelumnya selamat Idul Fitri, Taqobbalallahu minna waminkum. Mohon maaf jika selama kita berinteraksi ane banyak melakukan kesalahan, ane belum bisa menjadi orrang yang antum semua harapkan. T_T Karena kata Ustadz Salim Afillah “Dalam dekapan Ukhuwah kita menginsyafi bahwa diri kita adalah orang yang paling memungkinkan untuk diubah agar segala hubungan menjadi indah. Kita sadar bahwa diri kitalah yang ada dalam genggaman untuk diperbaiki dan dibenahi,. Kita mafhum bahwa jiwa kitalah yang harus dijelitakan agar segala baying-bayang yang menghuni cermin kita menjadi memesona.”

So Kula kasuwunan lumunturing sih samudraning pangaksami awit saking kathahipun lepat lan tindak-tanduk ingkang boten keprono. Mugi Gusti Allah kepareng nampi sedaya amal kesaenan ingkang tumindak anggenipun kita sewulan siyam ing sasi Ramadhan.

Gw balik lagi ni gan!! Dahsyat segitu dahsyatnya sampe gw kudu merubah gaya bahasa gw. Judulnya??? Biasa ye basi kelewat telat malahan. Harusnya judul ntu ditulis di akhir-akhir Ramadhan yak kan?? Tapi apa boleh buat gan gw baru aja terisnpirasi di akhir ramadhan dan baru bener-bener tersentil di awal syawal ni. Jadi waktu itu gw ikut bantu-bantu tim zakat fitrah mal dan sodaqoh di mushala kampong gan. Nah sepanjang gw ngikut gw melihat sesuatu yang wah, yang baru, yang menyadarkan gw, dan member banyak pelajaran dan pemahaman bwt gw. Terlebih pas shalat id tu yang bener-bener membuat gw termotivasi bwt nulis ni tulisan. sorry jg baru bisa upload. Gimana coba dari H sampe Ni pagi mabilitas gw tinggi banget gan, pagi di Minggir siangnya udah dimana-mana di seluruh penjuru jogja. Jadi ni tulisan baru bisa gw tulis sore ini dan baru sempet gw upload sekarang moga manfaat dah.

…………………………………………………….Jadi begini ceritanya…………………..……………………………………………… Read the rest of this entry »

Tags: ,

imamsantoso on September 20th, 2010

96.  Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadat) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia. (Q.S Ali Imran:96)

Kita semua ingat bagaimana pada masanya dulu Islam pernah menjadi pusat peradaban dunia. Baghdad sebagai pusat Kekhalifahan Islam bani Abasyiah ketika itu menjadi pusat perkembangan Ilmu pengetahuan. Banyak sumbangsih ilmuan Islam ketika itu yang menjadi dasar bagi ilmu-ilmu modern yang berkembang sampai sekarang. Kita mengenal Ibnu Sina, Alkhawarizmi, Al-Idrisi beserta banyak ilmuan Islam lain yang telah menyumbangkan gagasan yang berarti bagi peradaban manusia.

Di 2010 ini lagi seorang ilmuan dari mesir, Abdel Basit Al Sayyed, Ilmuan dari Mesir menyatakan Mekkah adalah zona  magnet nol yaitu zona tanpa kekuatan magnet yang dibuktikan dengan tidak bergeraknya jarum kompas di makkah. Hal ini kemudian dijadika dasar oleh pemerintah Makkah untuk menggeser Basis waktu dunia ke Makkah. Menuai Kontroversi memang, namun tentu itu dinantikan oleh 1,5 Milyar Umat Islam di dunia. Read the rest of this entry »

Tags: , ,

imamsantoso on September 20th, 2010

Beberapa saat lagi musim liburan sekolah tiba. Pantai nampaknya masih menjadi satu referensi tujuan wisata untuk mengisi masa liburan sekolah. Terutama pantai selatan, keelokan dan deburan ombaknya masih menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Namun belum hilang dari ingatan kita belum lama ini bagaimana laut selatan meminta korban. Hal ini nampaknya menjadi sebuah cerita tersendiri bagi keberadaan laut selatan.

Sudah banyak larangan untuk tidak mandi di laut terpasang di sepanjang pantai selatan Pulau Jawa. Namun ada saja wisatawan yang bandel mengacuhkan larangan tersebut sehingga membahayakan keselamatannya sendiri. Pihak keamanan pantai selatan yogya pun mengeluhkan minmnya sarana pengawasan pantai. Tidak tersedianya kendaraan yang memudahkan mereka mengawasi pantai menyulitkan mereka mengawasi wisatawan dan menghalau mereka yang bandel tidak mengacuhkan larangan.

Sudah tak terhitung lagi berapa banyak korban berjatuhan disana. Legenda menyebut, itu karena ulah para korban dipilih oleh Nyi Roro Kidul sebagai tumbal Laut Selatan.  Kebanyakan korban adalah wisatawan domestic berusia muda, sekitar 15-27 tahun. Mereka berlibur ke pantai laut selatan untuk menikmati keindahan panorama bentang alam pantai, sekaligus merasakan deburan ombak yang menggelegar. Itulah kemudian yang konon para korban adalah orang yang dipilih oleh penguasa laut selatan sebagai balatentaranya.Semuanya kembali pada diri anda apakah percaya atau tidak. Yang jelas itu merukan satu kepercayaan dan kearifan local yang berkembang di wilayah setempat.  Tetapi  penjelasan ilmiahnya berkata lain. Read the rest of this entry »

Tags: , , , ,

imamsantoso on August 14th, 2010

Allah telah mewajibkan atas orang-orang beriman satu bulan penuh dalam perjalanan hidupnya selama setahun untuk bercermin melihat wajah bathinnya, membenahi diri dan orientasi hidupnya di hadapan Allah. Allah juga ingin agar kita membongkar timbunan hubbud-dunya agar terbebas dari belenggu dunia menuju akhirat dan menyibak cakrawala iman yang luas membentang.
Sebagaimana kita ketahui, bulan yang dimaksud adalah bulan Ramadhan. Dengan keistimewaan rahmah pada awalnya dan dibebaskan dari api neraka pada akhirnya, tiada hari di sepanjang bulan ini, melainkan dipenuhi dengan nur, maghfiroh dan ditempatkan di atas anak tangga keimanan yang paling tinggi, agar kita dapat mencapai derajat taqwa. Karena itulah umat Islam menghormati dan mengagungkan bulan Ramadhan hari demi hari, dengan harapan mereka dapat memperoleh rahmat, ampunan dan terbebas dari api neraka.
Rugilah orang-orang yang keluar dari bulan ini dengan tangan hampa, tanpa membawa keampunan, semangat baru dan cahaya ma`rifatullah. Rugilah orang-orang yang melewati bulan ini hanya dengan lapar dan haus saja. Dan lebih rugi lagi mereka yang tidak dikembalikan kepada fithrah, dibebaskan dosa-dosanya.
Bulan Ramadhan juga merupakan bulan penempaan diri manusia, karena dalam bulan ini kita lebih mengintensifkan untuk mentarbiyah ruhi, sekalipun terhadap hal-hal yang telah dihalalkan Allah. Dus, apalagi hal-hal yang diharamkan olehNya. Karena itu puasa tidak hanya sekedar menahan lapar dan haus saja, tapi juga menjaga seluruh panca indera kita dari hal-hal yang dilarang Allah, menjaga hati kita agar tak tersibukkan dengan memikirkan urusan-urusan duniawi saja, menjaga mata hati kita agar selalu ingat untuk berdzikir kepada Allah dan tidak dilalaikan oleh hal-hal yang dapat menjauhkan kita dariNya. Namun sebaliknya, didekatkan pada aktivitas-aktivitas yang dapat mendekatkan diri kita kepadaNya. Meluruskan kembali niat kita, bahwa segala aktivitas yang kita lakukan adalah dalam rangka mengharap ridhoNya, bukan karena lainnya. Entah itu popularitas, nama baik atau hal-hal lainnya yang dapat merusak keikhlasan kita. Sehingga amalan kita dapat diterima di sisi Allah.
Kekalahan mental (Inhizamur ruh) atau patah semangat merupakan fenomena yang sangat berbahaya dalam kehidupan `amal Islami. Penyakit ini tidak hanya mengakibatkan loyo, tak bersemangat atau apatis, tetapi juga dapat melemahkan bahkan bisa jadi melumpuhkan gerakan. Karena itu `amal Islami harus selalu tanggap terhadap kemungkinan munculnya gejala penyakit ini dan harus dapat mengantisipasinya secara cepat. Bahkan diperlukan tindakan-tindakan prefentif untuk menghindari kemunculan gejala penyakit ini dikalangan pendukung dakwah. Islam, dalam Al-Quran dan Al-Sunnah, banyak menekankan pentingnya sisi pembinaan ruhiyah bagi setiap muslim. Sebab dengan pembinaan ruhiyah yang baik, mentalitas seorang muslim menjadi kuat, potensi gerakannya berkembang pesat, aktifitasnya meningkat terus dan mampu memikul beban dan tugas-tugas dakwah secara baik. Selain itu ia dapat merasakan nikmatnya iman, zuhud terhadap dunia dan pesonanya, ikhlas dalam beramal, dan ruhaninya penuh vitalitas karena bergizi cukup. Tetapi jika seorang aktivis menelantarkan pendidikan ruhaninya dan membiarkannya tidak terbina dengan baik maka sangat mungkin ia akan terserang penyakit ruhani bahkan tidak mustahil menyebabkan terjadinya inhizamur ruh (kekalahan mental).
Karena itu dalam bulan ini Allah hendak menempa iman orang-orang yang beriman, sehingga naik ke derajat taqwa. Dan bulan Ramadhan merupakan sarana penggodokan mentalitas dan jiwa orang-orang mukmin. Sehingga diharapkan setelah Ramadhan berakhir iman kita telah diperbarui kualitasnya, dikembalikan kepada fithrahnya. Dan hal ini tentunya tak akan tercapai bila kita tidak memahami makna puasa dengan sesungguhnya. Karena puasa bukan hanya sekedar menahan lapar dan haus saja, tapi juga menjaga hati dan seluruh anggota tubuh lainnya dari hal-hal yang diharamkan Allah. Karena itulah Rasulullah dalam salah satu haditsnya mengatakan bohong/dusta. Read the rest of this entry »

Tags: ,

imamsantoso on August 2nd, 2010

Mimpi adalah kunci

Untuk kita menaklukkan Dunia

Berlarilah Tanpa lelah

Sampai engkau meraihnya

(Nidji, OST Laskar Pelangi

Kira-kira begitu kata bang Nidji. Yup mimpi adalah kunci, mimpi adalah awal dari setiap capaian-capaian besar kita. Dunia malam tak akan seterang sekarang tanpa mimpi Thomas Alva Eddison yang membuatnya bertahan dalam ribuan kegagalannya membuat lampu pijar. Motor kita mungkin tak akan secepat sekarang jika Bung Charles Goodyear tidak pernah memimpikan ban karet yang diisi angin. Juga banyak hal lain yang bermula dari sebuah mimpi, cita-cita besar.

Kenyataan hari ini adalah mimpi kemarin, dan mimpi hari ini adalah kenyataan esok hari (Hasan Al Banna)

Yu mari saya ajak anda bermimpi. Kenapa harus bermimpi? Ada apa dengan mimpi? Tidur dulu mas? Lha kapan majunya kalau tidur terus?

Satu hal yang harus bersama kita renungkan. Berbeda Mimpi dengan angan-angan kosong. Mimpi yang saya maksud dari tadi adalah mimpi yang terukur (Ketinggian?? Boleh harus bahkan). Tetapi jelas bahwa mimpi itu membawa kita menuju hal positif, menggelorakan semangat kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Bukannya bermimpi bisa mengendalikan tanah, api, air, udara layaknya Aang di Avatar, itulah angan-angan kosong.

Dengan mimpi besar kita akan terdorong untuk melakukan langkah-langkah untuk mencapainya. Dengan dorongannya kita akan dibimbing untuk menjauhi segala hal yang menjauhkan kita dari mimpi besar kita. Mimpi masuk surge tapi kok kerjaanya mabuk, judi, narkoba, rampok way o ngawur to ya?. Karena orang memiliki obsesi tinggi maka dia tidak akan menjerumuskan diri dalam kehinaan, kemaksiatan, dan kenistaan. Karena itulah maka bercita-citalah setinggi bintang.

“Kalau anda percaya bisa berhasil, anda akan betul betul berhasil” (D.J Scwartz)

Cita-cita besar itu ibarat dynamo, Ya dynamo yang bisa menggerakkan seluruh tubuh kita menuju kea rah tujuan. Melesatkan dirri, memacu untuk maju. Read the rest of this entry »

Tags:

imamsantoso on June 28th, 2010

Ilmu geografi tumbuh dan berkembang dari awal peradaban manuisa. Sesungguhnya Munculnya pemikiran geografis dapat dikatakan sejalan dengan munculnya peradaban umat manusia. Pada  saat manusia secara naluriah  mengenal upaya untuk mempertahankan diri dan mengembangkan eksistensinya di permukaan bumi. Pada dasarnya mereka telah berfikir geografis. Tentang apa yang dapat dimakan, dimana mendapatkan makanan, kapan dapat diperolehnya, mengapa bahan pangan ada di wilayah tertentu dan bagaimana memperoleh makanan.

Walaupun demikian, Dasar-dasar perkembangan geografi pada umumnya orang masih merujuk pada apa yang dikembangkan para pakar pada masa Yunani kuno.

Eratosthenes (276-196 SM) adalah tokoh yang pertama menyebut dirinya sebabagai ahli geografi dan memperkenalkan istilah geografi lewat buku yang ditulisnya dengan judul “Geographika”, yang meliputi bab-bab tentang pengetahuan geografi fisik (perubahan hubungan darat, laut dan arus laut,),  geografi  astronomi serta bab yang berisi uraian tentang negeri dan bangsa-bangsa (Khoe Soe Khiam, p.10). disamping itu dia juga orang pertama yang melakukan pengukuran besarnya bola bumi. Dilanjutkan dengan Strabo (66-24 M) yang meletakkan pandangan dasar yang sekarang ini menjadi ciri utama pendekatan kajian geografi, yaitu keruangan, kelingkungan, dan kompleks wilayah. Lalu Claudius Ptolomeus yang menyempurnakan metode penentuan lokasi tempat-tempat di permukaan bumi dengan penggunaan sistem garis bujur dan garis lintang. Read the rest of this entry »

Tags: , , ,